Langkah Memulai SEO untuk Google

Hallo para pembaca, jika anda menemukan dan membaca halaman ini maka saya akan mengajak anda untuk sedikit sharing masalah opini pribadi saya tentang bagai mana memulai dan mengambil langkah SEO yang baik dan efisien dan relevansi-nya untuk pembaca dan Blogger di Indonesia dan MENGACU PADA tujuan dasar dari para BLOGGER yaitu membangun basis pembaca atau membangun traffic dan bila sudah di bangun di pertahankan jangan sampai kehilangan basis pembaca ini lalu di tingkatkan untuk mendapatkan pembaca baru dan meningkatkan jumlah RSS subscriber. ...Dan setelahnya baru kita boleh ber-sugesti ”Saya harus mulai mendapatkan penghasilan dari ngeblog dan semua aktivitas online” , karena bicara SEO emang boleh di bilang sama saja bicara cari duit online...

Dan saya hanya akan fokus pada bahasan mesin pencari GOOGLE, kenapa google ..? bukan yahoo atau puluhan ribu search engine lain-nya yang ada di dunia Internet ini ..? Karena faktanya sekarang ini secara umum orang bicara search engine ya bicara google ,seperti orang bicara obat mencret ya Entrostop, obat sakit kepala ya Bodrex ,Goyang ngebor ya Inul , Alias bila kita mau mencari sesuatu menggunakan search engine ya kita buka GOOGLE , bukan yahoo tau lain-nya ,memang banyak juga yang menggunakan search engine Yahoo tapi bila di perbandingkan dengan google skala-nya sedikit sekali dan fakta lain-nya yang lebih di utamakan semua pemilik website/blog adalah supaya terindeks di GOOGLE ini , apa arti-nya Web anda ter-indeks dan ada di urutan atas puluhan ribu search engine lain tapi tidak ter-indeks di GOOGLE..? bila di suruh memilih hampir bisa di pastikan semua akan memilih di indeks google meskipun tidak ter-indeks yang lain...

Yap, istilah okem-nya, pegang aja satu pentolan-nya/jagoanya dulu, bila jagoan-nya sudah di kuasai ya bolehlah bersenang-senang ngasah ilmu dengan kroco-kroco-nya , artinya yang saya maksud adalah konsep konsentrasi atau fokus pada satu titik (bila sudah bisa membuktikan kesuksesan-nya pada satu titik, baru 2-3-4 titik , di kepala juga lebih enteng mikirnya) , terutama konsep ini akan lebih memudahkan pemula, dari pada harus memikirkan permasalahanperseoan secara luas dan njelimet ,lebih enak jika pelajari saja google ,tingkah laku-nya dan apa-apa yang di sukai dan apa yang tidak di sukai si DODOL ini. bila sepakat ,Jalankan teknik SEO dan yang mengacu pada google ,bila bisa sukses di google baru yang lain yang jika di perlukan.

Jika begitu maka saya membagi menjadi 4 langkah dasar sebagai tahap-tahap menerapkan tindakan SEO yang harus di mulai menurut urutan angka 1:

1. Memiliki pengertian dasar yang baik tentang apa itu SEO , karena ini nanti-nya akan menjadi modal/basic pengetahuan kita untuk bekembang dan menciptakan berbagai kreativitas untuk memaksimalkan teknik SEO kita. Untuk pengetahuan ini baca di sini:SEO adalah

2. Mengarahkan Web/Blog kita pada kriteria yang di sukai google dan berinteraksilah sedekat mungkin dengan google dari menggunakan fasilitas-fasilitas google misalnya, google readers...hal-hal terakhir yang saya sebut tadi meski boleh di bilang secara teknis tidak berkaitan tapi akan membiasakan anda memahami tingkah-laku si DODOL ini, karena emang siapa yang tau dengan pasti gerakan algoritma google yang bisa berubah-ubah kapan dia mau. Oke di bawah ini penerjemaahan saya dari kriteriakriteria web yang di rekomendasikan google berdasar yang saya baca-baca di dan saya ambil point-point inti-nya atau point-point terpenting-nya menurut kesimpulan dan analisa saya:

-Isi konten memiliki fokus tema yang jelas dan tidak keluar dari TITILE, DESKRIPSI, KEYWORD , alias yang di sukai adalah , antara konten, title,deskripsi, keyword nyambung kaya rantai , sudah banyak kasus blog yang di hapus dari indeks google karena memakai keyword ngawur (kalo di Indonesia biasanya berhubungan dg porno) tidak sesuai konten.

-Bila mau menjelaskan sesuatu dalam artikel gunakan teks, bila terpaksa pakai gambar jangan lupa beri titile ,karena crawler google kan cuma bisa membaca teks bukan gambar , namanya juga mesin kalau saya lihat gambar si cantik bisa langsung membuat deskripsi.

-Selalu memeriksa kode-kode html/css/php jika ada yang salah , misalnya bagian dari kode link yang terhapus tidak sengaja. meski ini dari sudut pandang manusia sepele tapi bisa serius menurut crawler google, bisa di artikan web yang sedang error secara keseluruhan, karena dia mesin yang bekerja dengan membaca kode.

-Jumlah link dalam 1 halaman paling banyak 100 link . ini katanya ketentuan atau standarisasi google

-Fresh content alias bukan copy-paste ,ini sih ..umum ya..

-Tidak tukar-menukar link atau memasang link (iklan misalnya) dengan web yang konten-nya tidak berhubungan dengan web kita...nah ini yang repot , ya gitula konskuensi-nya main SEO. dan pada point inilah yang sering bikin bingung blogger pemula seperti yang suka di ungkapkan pada saya ' Saya memasang meta tag kok malah hilang dari indeks google' , atau ' tiba-tiba kok posting-posting saya hilang dari indeks google , padahal kemarin masih ter-indeks' ....Jawaban dari hal ini adalah: ketika anda memasang meta tag atau sitemap itu artinya anda memberikan proposal kepada google tentang apa saja isi konten web anda dan supaya di akui dan di kenali oleh google , dan saat anda menekan tombol submit atau verify maka si crawler akan meluncur dan mengecek kebenaran dari proposal anda itu, misalnya web anda berjudul/Title :Dodol dask eripsi:menjual dodol dengan harga murah keyword , DODOL , tapi saat si crawler memeriksa halaman anda menemukan konten-konten yang keluar dari tema misalnya Komputer ,juga berisi link-link dari web-web yang bener-bener tidak mengandung DODOL atau makanan,. maka hal ini lah yang di anggap salah oleh si crawler itu ,dan sanksi yang di berikan google variasi dari mulai menurunkan peringkat di search engine dia sampai menghapus web anda dari daftar dia. dan pengecekan crawler google ini bukan cuma sekali saat kita memasang meta tag atau sitemap tapi juga di lakukan berkala, masalah waktunya saya tidak berani memastikan karena informasi yang saya dapt juga berubah-ubah dan sepertinya memang itu bagian dari menejemen si google ini tentang kapan saja di mau melakukan pengecekan dan bisa jadi menerapkan system random, makanya ada konten web yang hari sebelumnya ter-indeks dan hari lain-nya tidak , penyebabnya kemungkinan sekali karena web yang di cek crawler tersebut sedikit-banyak terjadi perubahan yang keluar dari ketentuan google ,Jadi Tips saya bagi pemula sebelum memasang meta tag atau sitemap sebaik-nya di rapikan dulu struktur web-nya kalau perlu di hapus dulu sementara link-link yang tidak berkaitan dan baru setelah-nya di pasang lagi
dan berusaha lebih memahami-lah dengan membaca-baca di misalnya supaya mendapat informasi yang ter-update dari hal-hal yang di sukai google ini,

-Menggunakan jasa perusahaan yang menjual jasa SEO Service yang menjanjikan ranking bagus di search engine atau di kenal dengan istilah cloaking, meskipun tidak di larang tapi beresiko juga bisa di banned oleh google ini karena sekarang banyak perusahaan SEO Service yang menerapkan metode-metode yang bertentangan dengan ketentuan google. termasuk jasa SEO-service gratis seperti yang suka kita temui dengan judul FREE SEARCH ENGINE SUBMISSIONS , ini juga perlu hati-hati apakah kita tahu perusahaan itu menggunakan metode yang salah atau tidak menurut google.Dulu saya juga pernah melakukan ini ketika habis membeli Domain dan Hosting lalu pihak penjual menawarkan Web yang saya buat akan di buat ranking bagus di search engine..

salah-satunya yang mereka lakukan adalah men-submitkan web saya ke 35.000 search engine, itu yang mereka katakan, tapi asal saya mau memasang banner mereka, karena saya ingin membuktikan maka saya terima tawaran itu ,dan ternyata memang benar, saya bandingkan sebelum dan sesudahnya posisi web langsung melonjak jauh di daftar pencarian google meski saya tidak melakukan update apapun dan dalam hal ini artinya kebetulan waktu itu saya pada perusahaan SEO Service yang tidak menggunakan metodemetode yang bertentangan dengan google. Dan memang hal ini yang banyak dan sering di lakukan web-web komersil jaman sekarang untuk mencari solusi SEO dengan uang , Seperti mungkin anda masih ingat Agloco itu dulu yang baru 2 minggu launching langsung menduduki rangking 1 di mesin pencari google.

-Kekuatan konten , di sinilah yang juga di anjurkan google yaitu untuk memikirkan konten-konten yang unik orisinil dan berkualitas sebagai sajian situs kita, dalam artian bisa berbentuk konten yang informatif sehingga di cari banyak orang menggunakan search engine ini ,sehingga konten anda akan di bawa pada peringkat yang baik di search engine google, ya :di cari banyak orang - orisinil - unik ...,weh ..susah kan..! dan 3 hal ini yang menjadi persyaratan dasar kekuatan konten ini , jika di pisah salah satu-nya atau kurang tidak akan membawa pada keberhasilan mencapai peringkat atas di google, Sebagai contoh yang saya maksud di sini, misalnya : Oke, konten anda orisinil tidak copy-paste ,juga di sajikan dengan cara unik ,tapi apa konten utama anda yang di maksud supaya di cari banyak orang itu..?, misalnya konten anda adalah bertema windows tutorials, software downloads ,security computer, rahasia mencari uang, make money online. jika konten anda seperti yang saya sebutkan itu ..weleh anda bersiap-siap terlibat dalam persaingan keras bin seru bin tendang-tendangan di dunia SEO , kalo tutorial ngeblog agak lebih bisa di pelajari dan hitung jagoan-nya , incer aja tuh , o-om ,A fatih, Kang Rohman atau lainnya ..hihihihi..

Kembali kepada kekuatan konten tadi lalu bagaimana jawaban-nya ? , jawaban-nya tentu
dengan menggunakan rumus penjumlahan nilai contohnya begini :

Misalnya konten artikel anda nilanya 2 (karena umum banget), orisinil-litas nilanya 8 (kerana benar2 bukan co-pas misalnya) , Sifat unik (seluruh susunan teks dalam kalimat tampil beda) nilanya 8 , lalu supaya kekuatan konten kita memiliki jumlah nilai sebesar mungkin maka caranya adalah anda perbanyak konten misalnya dalam bentuk posting dengan kriteria minimal nilai-nila awal tadi dalam setiap posting-nya :2-8-8 di jumlah =18 ,kalau anda posting 10 kali berarti anda sudah mengumpulkan 180 nilai ,dan misalnya web saingan anda cuma punya 120 nilai berarti anda sudah memenangkan persaingan ini di search engine google . Dan di sinilah sebuah nilai menguntungkan para Blogger di mana bisa meningkatkan nilai konten ini dalam bentuk memperbanyak posting ,di banding Webweb komersil yang statis yang hanya terdiri sekian halaman saja secara paten dan jarang sekali ter-update kecuali ada perubahan tertentu .

Tapi di sini sebagai catatan bahwa SEO dan PR punya jalan akhir yang bertentangan di mana PR adalah jalan akhirnya tetap mempertahankan dan menaikan kualitas konten menurut kualifikasi dalam hal ini google ,sedangkan SEO jalan akhirnya adalah bila traffic/pelanggan sudah banyak akan di arahkan untuk meningkatkan usaha/perusahaan atau uang dan tanpa memperdulikan PR ataupun kualifikasi website/blog yang baik menurut standarisasi google misalnya. contohnya ya saya kemarin itu di free7 blog begitu banyak tawaran review dan sponsor yang mau pasang link otak saya langsung penuh dengan $$$ dan nggak perduli mau PR hilang kek :D , atau misalnya anda tanyakan pada pihak Yahoo yang punya PR 10 itu misalnya anda tanya gini 'yahoo kalo PR kamu jadi nol gimana ..?' paling jawaban, " dia emang gue pikirin nggakngaruh sama penghyasilan " :D

-Yap menurut saya itu saja point-point penting-nya dan sisanya adalah larangan-larangan yang tidak perlu di sebutkan juga pasti sudah tau dan mengerti yaitu yang berbentuk kecurangan-kecurangan yang secara ahlak juga tidak baik.

3. Menerapkan teknik Keyword., dengan prinsip umum dasar : Orang masuk alam internet mau mau mencari apa? dan apa web kita menyediakannya, Jika web kita menyediakan-nya maka bila sudah menjalankan langkah no.2 di atas web kita akan ter-indeks dalam daftar pencarian orang yang mencari sesuatu itu di google ,tapi mungkin entah di halaman berapa ,apa pada urutan paling buntut, bisa juga berada langsung pada halaman dan urutan pertama jika kebetulan yang di cari bener-bener spesifik dari sesuatu yang ada di web kita misalnya anda ketik sambel pete pake terasi akan ketemu free-7 blog pada halaman pertama ,nah di sinilah teknik di kembangkan supaya web kita punya peringkat yang lebih baik , caranya yang pernah saya terapkan sendiri adalah singkat dan sederhana saja:

Yang pertama tentu setelah memasang sitemap atau meta tag lalu pasang keyword yang se-kompeten mungkin dari pokok konten web kita lalu submit blog kita di technorati dan feeburner ,lalu ping di pingoat.com, pingomatic.com, dan di technorati sendiri, ini saja sudah lebih dari cukup untuk sekedar mendapat nilai baik di google, kalau anda melakukan yang lebih juga belum tentu menambah penilaian si DODOL ini. Dan sampai pada tahap ini bila anda ingin meningkatkan teknik yang lebih baik,efektif lagi dan ingin melengkapi pemahaman anda tentang teknik-teknik yang berhubungan dengan point ini, seperti meta tag, sitemap dan sejenisnya

4. Dan akhirnya setelah menerapkan 3 langkah dasar itu dengan benar maka lupakan SEO dan fokus pada faktor eksternal ,yang berhubungan dengan pengembangan kekuatan atau nilai konten dari web kita bagi kebutuhan para pencari informasi di internet, Masa anda akan terus-terusan bersibuk ria mengutak-atik keyword, meta tag , blog directory , dan pada tahap inilah sebetulnya titik tolak dari tindakan perseoan, yaitu kita mau mempromosikan sesuatu, tentang nilai atau kualitas dari barang/hal yang mau kita promosikan itu, misalanya kita mau mempromosikan DODOL maka kita akan membuat DODOL itu sedemikian baik-nya ,di jabarkan kelebihhan-kelebiahan-nya, asal-usulnya ,manfaatnya buat kesehatan misalnya, harganya terjangkau, pelayanan-nya bagus lalu di formulasikan dengan 3 langkah SEO diatas .

Sudah banyak website-website komersil instan yang berguguran gulung tikar padahal dah keluar biaya banyak karena mereka mengabaikan langkah terakhir ini yaitu tidak berusaha meningkatkan kualitas dari product utama-nya bahkan banyak yang mengabaikan sama sekali masalah kualitas product ini/alias palsu dan secanggih apapun memainkan teknik SEO akhirnya bangkrut juga karena orang sudah tidak percaya/black list, dan sebagian web-web komersil lain-nya menggunakan cara-cara yang melanggar kriteria mesin pencari akhirnya di hapus dari indeks.

Contoh-contoh situs yang sudah berhasil misalnya detik.com , problogger.net , semua situs-situs itu adalah situs yang sudah berhasil mencapai target misinya dan pada tahap mempertahankan dan mengembangkan kredibilitas mereka.dan meskipun mereka di hapus sekalipun dari daftar search engine mereka masih tetap kewalahan di banjiri pengunjung ,alias sudah kenal dan percaya isi konten mereka.

NGEBLOG-SEO-MONEY sama dengan uang adalah trafic ,dan trafic adalah pembaca dan pembaca adalah konten., Apapun jenis konten yang kita punya misalnya Ikan Asin yang sekilas bukan hal yang menarik apalagi populer ,tapi bila kita sajikan dengan sebaik mungkin dengan orientasi memuaskan pembaca kita maka ini akan menciptakan dan mengembangkan serta
mempertahankan basis user/pembaca kita , di banding kita punya konten yang terkesan keren atau populer seperti TUTORIAL, KOMPUTER, MONEY, tapi penyajian-nya tidak memuaskan pembaca kita.

Di sini berlaku aturan psikology dasar manusia bahwa MANUSIA CENDERUNG BEREAKSI SECARA EMOSIANAL DARI PADA NALAR LOGIKA, Contohnya saya suka makan sambel terasi pake pete, kenapa? karena saya suka rasanya enak dan nyaman (emosional) ,tidak berfikir apa gizi-nya gunanya buat kesehatan (Logika), atau contoh lain cewek suka pakai pake celana Jeans yang ketat,kenapa? karena bagus dan keren di lihat dan supaya terlihat sexy (Emosional) tidak berfikir pakaian terlalu ketat menghambat peredaran darah, dan celana Jeans itu nyucinya lebih repot (Logika), Jadi point yang saya maksud di sini adalah menarik emosional pembaca baik dengan tampilan disain web, cara penyajian artikel yang meskipun apapun artikel-nya nyaman di baca, atau dalam bentuk interaksi yang lebih agresif pembaca-penulis.

Dan untuk cara penyajian yang baik ini tentu para blogger punya cara dengan karakter-nya sendiri-sendiri , atau anda bisa menganalisa web/konten anda dengan berpikir dari sudut pandang user/pembaca .....tapi dalam hal ini saya suka dengan pepatah yunani kuno 'Honesty is the best policy' - Kejujuran adalah politik terbaik. Oke, dari semua tulisan saya ini harap tidak ada pikiran bahwa saya menggurui, tapi tanggapi bahwa yang saya katakan adalah bentuk sharing dan diskusi yang tentu punya potensi kesalahan dan kekurangan.dan konsep yang saya tulis sudah pernah saya terapkan di blog-blog saya juga di web komersil milik orang yang kebetulan pernah saya buat disain dan konsep SEO nya.

11 comments:

blog bisnis internet said...

sip deh gan, jadi aga sedikit terang soal SEO

Nayarre Pata Blog said...

Sebenarnya dah ngantuk... tp abiz baca artikelnya, mata jadi kebuka... Tx Bro...!!!

Drug Abuse Info said...

thanks bro bermanfaat bnget .
Drug Abuse Info

Jasa SEO said...

Terima kasih infonya, akan kami jadikan pedoman.

Afrianti said...

Trims atas Infonya... Lagi coba-coba buat blog baru saya

iseng-iseng said...

boiiiiiiissss pooooooolllll

amikom.us tempat belanja hosting murah said...

komplit nih...

lembaran kertas said...

makasih bos pelajarannya. saya gi butuh nis pelajaran SEO dasar.

Rudianto.prf said...

thanks bro dengan pencerahan nya,,,

Rindu rasul said...

thank ya gan infonya,,terima kunjungi balik ya

WelderReview.com said...


Hello,

we provide affordable and result-oriented SEO services, please give a chance to serve you.


Thanks
Admin: E07.net

Post a Comment

 
© 2009 Blogger-O | Powered by Blogger