Cara mudah-cepat memahami-menguasai SEO

Panduan SEO untuk pemula supaya bisa menguasai perseoan dengan cepat dan mudah sekalian utk menjawab pertanyaan sdr Antok pada posting Mencari keyword dan RSS . "boss.. saya pemula blogger nih, belajar seo kok ga bisa2 ya.. pdahal tiap hari dah googling mencari bahan atau artikel tentang seo.. mungkin karena saya tidak mempunyai skill tentang dunia webmaster ya? mohon bantuannya..."

Ungkapan para pemula yg mengatakan bahwa SEO itu rumit memang sudah umum, seperti halnya saya dulu awalnya mempelajari liku-liku yg berhubungan dengan perseoan ini, hal ini menurut pengalaman saya di sebabkan karena para pemula yang mencari referensi tutorial perseoan menemukan artikel-artikel tutorial yang kebanyakan istilah yang berbau teknik dan pemrograman tapi tidak relevan dengan yang dia cari alias buntu (njelimet,rumit tapi tak bermanfaat dan mencerahkan) ,silahkan baca posting sebelum ini SEO adalah seni dan SEO untuk janghka panjang lalu contoh teknik menerapkan keyword ,3 posting itu merupakan basic dan intinya perseoan.

Sampai di sini saya yakinkan bahwa yang namanya SEO itu sama-sekali bukan hal yang rumit-sulit , yang mungkin sulit adalah bagaimana caranya membuat content yang banyak di cari orang lalu menyajikannya secara unik-orisinil.

Belajar SEO tidak bisa di asumsikan seperti halnya belajar suatu yang bermuatan algoritma yang rumit seperti halnya belajar pemrograman bahasa C klasic atau Assembler ataupun belajar system jaringan komputer yang besar , tapi merupakan suatu teknik atau seni bermain-main dengan search engine.

Ok, langsung langkah pasti dan mudah untuk memahami-menguasai perseoan ini :

1- Tetapkan tema website/blog ,lalu buatlah harmonisasi/nyambung antara Title-
Descripiton-Content

Contoh untuk di terapkan di blogspot :
Url blog : http://berita-indonesia.blogspot.com
Title blog : Berita mesum Indonesia
Description: blog tentang berita mesum dari berbagai daerah di indonesia
Keyword :berita mesum indonesia, video mesum,film hot,sekandal artis

2- Daftarkan ke 3 search engine besar ,google,yahoo,msn , cara gampangnya gunakan saja Mypagerank.net Sitemap Submitter di bagian bawah-footer blog ini (masukan url blog
anda lalu submit)

3- Daftarkan juga sitemap-nya secara manual di 3 search engine di atas ,pasang meta tagnya di bawah tag head caranya bisa baca posting kawan saya Kang Rohman ini Cara daftar Search engine (langkah No.2 dan No.3 ini penting ,supaya content kita di kenali Search engine secara maksimal)

4- Posting artikel yang berhubungan dengan keyword yang di pasang di atas , lebih jelasnya baca posting menerapkan keyword ini

5- Daftarkan RSS ,minimal :technorati.com, feedburner.com,mybloglog.com,

6-Selesai....anda sudah melakukan proses SEO yang kuat, selebihnya tinggal bagaimana anda membuat konten yang banyak di cari orang dan menerapkan teknik-teknik keyword. NOTE: bagi yg belum tau, untuk yg menggunakan hosting sendiri proses sitemap pada point No.3 diatas, prosesnya sama saja, misalnya memakai mesin WP meta tag bisa di letakan pada file header.php di bawah tag head atau yg menggunakan mesin lain utk hosting sendiri ini gampangnya ,buka notepad (file-kosong) lalu Save As dengan nama file ber-ekstensi HTML sesuai yg di berikan (pada pilihan sitemap kan selain meta tag ada pilihan lain berupa membuat file HTML) ,contoh :g877yygghhh.html . lalu upload file tsb ke root direktori server anda (public html)

Ukuran kekuatan SEO atau besarnya jumlah traffic yang di peroleh bergantung pada:

1- Jenis content atau tema posting ,apakah suatu tema yang banyak di cari orang atau
tidak (biar punya ilmu SEO expert kalau artikelnya tidak ada yang cari gimana mau dapat
traffic)

2- Harmonisasi-hubungan yg nyambung antara title-description-keyword-content .
Contoh: sebuah tema gosip akan lebih SEO friendly jika di posting di blog yang bertema
entertainment, di banding di blog yang bertema komputer (asal dasar-dasar SEO sdh di
terapkan spt langkah di atas)

3- Cara mengolah dan menerapkan keyword

4- Itu saja, yang lain-lain yang berupa istilah2 macam-macam ,tak penting.

Content yang banyak di cari orang lalu di kemas dengan seni-teknik menerapkan keyword
, itu saja intinya perseoaan dan di blog ini saya rasa sudah cukup lengkap sebagai dasardasar
SEO untuk bisa di kembangkan ke tingkat mahir.

-Untuk SEO Website yang berupa beberapa halaman statis, prinsipnya sama saja, hanya
perlu lebih cermat dan akurat mengatur-menyusun-menerapkan setiap keyword pada
seluruh wilayah halaman website

-Untuk blog dengan domain-hosting sendiri misalnya memakai mesin WP, tentu lebih
mudah lagi karena bisa memanfaatkan macam2 plugins.

Ukuran kesuksesan seorang blogger akan sangat terpengaruh dengan 2 hal:

1- Misi dan Visi utama ngeblog

2- Tema utama-content blog (SEO hanyalah alat bantu, secanggih apapun ilmu perseoan
bagaiman bisa mendatangkan traffic jika content tak ada yang cari)

10 comments:

Blogger Ceria said...

sip..
yang pasti perlu ketekunan 'n kemauan aja, gak ada yang instan. hehe..

toro said...

tengkiu.... a lot
jadi pingin nyoba nih ...... mudah2an berhasil
tq.

Anonymous said...

MANTEP bgt ini tipsnya,,

sblumnya makasih bnyak bro........!!

Neng Novie said...

Asslm,,,,

Kunjungan Balik nih Sob,
Thanks ya udah Berkunjung ke Rumahku...hehehe
Rumahnya (Blognya...red) tambah oke aja,
Gak bosen deh saya sempatkan untuk Datang ke Sini lagi..!!

Sob saya punya Blog baru nih,
Sempatkan untuk berkunjung ya, ini Rumah Baruku...
http://obatjerawatalami.blogspot.com
http://bajumuslimmuslimah.blogspot.com
http://pakaianbajupengantin.blogspot.com


Salam Blogger, Sukses Menjalin Silaturahmi....


Wassalm,,,,

pulsa elektrik murah said...

thank gan tipnya,kebetulan lg nyari referensi tentang seo yg gratisan.maju trus bro

SOUVENIIR FROM BALI said...

mantap bro tx ya

yudi said...

artikel yang bermanfaat bagi kami para newbie

xxx said...

berguna bnget ne postingan blog agan

Rino Wijaya said...

Thanks juragan antas informasi mengenai SEOnya semoga blog juragan akan semakin maju terima kasih...

legahilmawan10 said...

maksih mas,lha gmana toh caranya ngubah tampilan pada blok?

Post a Comment

 
© 2009 Blogger-O | Powered by Blogger